Cara Menggunakan Tool Menu Pada Adobe Photoshop

Cara Memaksimalkan Kegunaan Tool Menu Pada Adobe Photoshop 





Dunia komputer grafis sangat luas dan kompleks karena terdapat beberapa aplikasi pengolah gambar dan tata letak halaman publikasi. Munculnya berbagai aplikasi pengolah gambar dan tata letak disebabkan kebutuhan yang berbeda-beda mulai dari: printing, adversiting, broadcasting maupun keperluan lain. 

Memang, pada awal terciptanya Photoshop hanya ditujukan untuk keperluan pengolah gambar (fotografi). Thomas Knoll bersama timnya akhirnya mengembangkan Photoshop untuk berbagai keperluan seperti: web design (Image Ready), publishing (Photoshop), animasi (Image Ready), digital painting (Photoshop), dan bidang lainnya.  Program ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap  sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.

Sebuah image (gambar/foto) dapat berfungsi sebagai media yang dapat memberikan informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Orang lebih mudah memahami sebuah pesan hanya dengan melihat gambar dibanding harus membaca teks. Ketika menemukan sebuh pamflet, brosur, maupun booklet yang pertama dilihat adalah gambarnya kemudian informasi yang disampaikan. Untuk membuat perpaduan gambar dan teks diperlukan keterampilan khusus dalam mendesain sebuah image. Selain dituntut mampu mengembangkan  ide juga sedikitnya harus tahu tentang mengkombinasikan warna maupun mode warna yang ada. Graphic designer lebih dikenal sebagai peran utama dalam menciptakan sebuah image yang berkualitas yang dapat membuat tampilan beberapa publikasi seperti sampul buku maupun majalah, brosur, booklet, leaflet, banner, katalog dan publikasi lain yang sejenis menjadi impresif. 

Para web design maupun graphic design cenderung lebih banyak menggunakan program Adobe Photoshop untuk membantu pekerjaan di bidang masing-masing karena mudah digunakan, memiliki warna cerah, mendukung plug-in dari pihak ketiga, dan hasil output yang fantastik. 
Ketika pertama kali mengaktifkan program Adobe Photoshop CS, akan nampak area kerja terbagi menjadi beberapa bagian menu yaitu: Menu Bar, Option Bar, Toolbox, Pallet Well, dan Pallete. Untuk dapat menggunakan tool menu tersebut dengan maksimal tentunya kita harus mengetahui fungsi kegunaan masing-masing menu. Berikut sedikit penjelasan dari saya :

Toolbox Adobe Photoshop1. Menu bar

Berisi menu-menu yang dapat membantu memudahkan dalam bekerja dan  terorganisir sesuai dengan topik yang saat itu digunakan. Sebagai contoh, menu Layers berisi menu-menu yang berhubungan dengan Pallete Layers. 

2. Option bar

Berisi informasi tentang tool yang saat itu digunakan.

3. Toolbox 

Perangkat utama yang digunakan untuk membuat, mengedit gambar dan teks. 

4. Pallete well

Membantu dalam menata beberapa palet yang digunakan.

5. Pallete

Membantu memonitor dan mengedit gambar (image).




Tentunya bagi kita pengguna Adobe Photoshop sudah tidak asing lagi dengan adanya tampilan toolbox pada sisi kiri layar kita saat membuka Adobe Photoshop. Ada banyak jenis-jenis toolbox pada Adobe Photoshop CS yang tidak jauh beda dengan versi-versi sebelumnya. Berikut akan saya urai satu-persatu mengenai kegunaan dan cara penggunaan tool-tool yang terdapat pada toolbox, sesuai urutan dari atas bisa di buka pada link berikut :

10. Cara Menggunakan dan Kegunaan/fungsi dari  Spot Healing Brush Tool Pada Adobe Photoshop.

Tentunya bagi anda para pemula yang sangat ingin belajar lebih dalam untuk mengetahui kegunaan serta cara menggunakan tool-tool tersebut akan mendapatkan informasi dari postingan saya kali ini. Adobe Photoshop sangat tepat jika digunakan untuk mendesain publikasi maupun mendesain web. Tidak lengkap memang, namun harapan saya semoga dapat menjadi referensi dalam mempelajari dan mengembangkan kemampuan agar menjadi seorang desain grafis yang handal. Terima kasih atas kunjungannya ke blog sederhana saya.